Belajar Manajemen Stress dari Kursus Online Gratis

Dulu, aku pikir kursus online gratis itu pembahasannya hanya meliputi hard skill saja. Seperti kursus digital marketing, pemrograman, kecantikan, bahasa asing, dan lain sebagainya. Ternyata aku salah. Belajar secara online untuk mahasiswa, profesional, dan umum ini ada pembelajaran soft skill-nya, gratis pula.

Jadi, di awal tahun ini aku benar-benar merasa stress teman-teman. Tapi bukan karena pekerjaan, lebih ke enggak terbiasa harus mengerjakan semua pekerjaan rumah ditambah pekerjaanku sebagai freelancer. Ditambah lagi, di awal bulan Februari ini aku juga kehilangan salah satu sahabat terbaik. Tingkat stressku semakin bertambah.

5 Cara Manajemen Stress Agar Kembali Produktif

Gejala stress yang kurasakan ini ganggu banget ke pekerjaan teman-teman. Susah fokus, mudah gelisah, ketakutan, berpikir yang tidak-tidak, sampai ke apa yang seharusnya bisa dilakukan dengan mudah, malah jadi rumit. Enggak enak banget pokoknya.

belajar manajemen stress dari kursus online gratis ternyata menyenangkan dan amouh

Terus aku curhat kan di salah satu grup whatsapp, aku diberikan 3 cara mengelola stress, dan juga saran untuk mempelajari seputar manajemen stress. Nyari ilmunya di salah satu platform belajar online Indonesia yang bisa diakses secara gratis. Akhirnya aku gabungkan deh di sini, siapa tahu bermanfaat juga untuk teman-teman yang senasib sama aku.

1. Menceritakan Apa yang Dirasakan pada Orang Terpercaya

Perasaan stress adakalanya meluap ketika kita memendam segalanya sendiri. Oleh karena itu, aku pun mengikuti saran untuk menceritakan apa pun yang aku rasakan kepada orang yang dipercaya. Syarat pertama adalah, harus secara lisan agar semua unek-unek yang menghambat di kepala bisa keluar.

Merasa tidak punya seseorang yang dipercaya, atau yang bisa membuat nyaman untuk menceritakan segalanya? Tenang, bisa coba mengobrol di depan cermin, hewan peliharaan atau boneka. Tapi harus tetap bersuara, tidak boleh dalam hati.

2. Menuliskan Hal-hal yang Tak Ingin Diingat dan Dipikirkan

Jika mengeluarkan unek-unek atau hal-hal yang memenuhi kepala belum cukup dengan bercerita secara lisan. Bisa coba seperti aku yang menuliskan semua hal yang tak ingin aku ingat dan pikirkan karena sebenarnya aku yakin hal yang kupikirkan  tersebut akan baik-baik saja pada sebuah jurnal.

3. Melakukan Meditasi

Perasaan stress membuat hal-hal yang jelas ada di depan mata atau mudah terasa sulit untuk ditemukan, bukan? Maka dari itu, buatlah agar kita merasa enjoy, dan tenang. Caranya dengan melakukan meditasi di tempat yang minim gangguan. Duduk bersila, memejamkan mata, tarik napas, lalu buang napas hingga tak terasa lagi pikiran yang melompat di kepala.

Cara ini aku dapatkan dari video kursus online gratis personal development terkait stress management.

4. Tidak Melakukan Apa-apa Seharian

Saat merasakan gejala stress, terkadang kita, khususnya aku tetap memaksakan untuk mengerjakan sesuatu, padahal seharusnya memberikan jeda untuk diri agar tak melakukan apa-apa selama seharian atau solitude. Ya, menikmati kesendirian tanpa beraktivitas apa pun termasuk menggunakan gadget. Tidur misalnya.

5. Melakukan Kegiatan yang Disukai

Yang aku pelajari tentang manajemen stress dari aplikasi belajar dengan metode online lainnya adalah mencoba melakukan kegiatan yang disukai. Karena tubuh dan pikiran juga butuh reward setelah bekerja keras. Bisa dengan membaca buku, nonton film, main game, jalan-jalan, makan, memasak, dan lainnya.

Pokoknya kegiatan yang disukai. Ingat, kalau kata anak TikTok, jangan kerja kerja kerja mulu nanti tipes.

Pentingnya Perencanaan Karir dan Pengembangan Diri

Nah, kalau stress sudah bisa dikelola dengan baik atau diredakan, maka, sebagai generasi milenial, kita bisa fokus menyelesaikan pekerjaan maupun permasalahan yang ada. Selain itu, kita bisa mempersiapkan rencana karir dan mengembangkan diri agar tidak tertinggal dari generasi Z.

Perencanaan karir juga dibutuhkan agar kita siap menghadapi tantangan baru kedepannya. Tak hanya itu, dengan rancangan atau perencanaan yang tepat, maka goals karir yang selama ini diinginkan, tentu akan lebih mudah untuk diwujudkan.

Sementara pengembangan diri akan membuat kita semakin tertantang untuk mempelajari hal-hal baru, dan semakin percaya diri. Kedua hal ini pun bisa dipelajari dari platform kursus online yang kupilih, yaitu QuBisa.

platform belajar online Indonesia qubisa untuk belajar manajemen stress

Belajar Online di QuBisa Gratis

Teman-teman mungkin bertanya-tanya kenapa aku memilih belajar secara online dan gratis mengenai manajemen stress ini dari QuBisa. Alasannya cukup banyak sih, pertama karena aplikasi belajar online ini bisa diakses melalui smartphone juga teman-teman.

Selain itu karena adanya banyak materi terkait skill dan pengembangan karir, terutama di dunia digital bisa kupelajari di platform yang satu ini.

Kok bisa? Bisa, karena sesuai tagline-nya “Aku bisa, kamu bisa!”

QuBisa ini adalah platform belajar online Indonesia yang punya tujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan diri serta digital bagi masyarakat luas, seperti : mahasiswa, pekerja profesional, dan masyarakat umum. Baik itu secara teknikal maupun soft skill.

Pilihan Kursus Gratis yang Ada di QuBisa

Sebagai platform kursus yang bisa diakses melalui internet, QuBisa memiliki banyak pilihan pelatihan online. Mau tahu ada jenis atau kategori kursus dan webinarnya apa saja? Aku bisikkan di bawah ini ya!

1. Kursus dan Webinar Business

Saat memutuskan untuk memilih kategori bisnis ini, teman-teman bisa mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Apa saja itu? Mulai dari cara berkomunikasi, bisnis rumahan, keuangan, entrepreneurship, manajemen, industri, media pemasaran, hingga strategi bisnis.

Eits tak hanya berbentuk video kursus di microlearning-nya saja. Tersedia juga versi webinar gratis yang bisa diakses dari seluruh Indonesia.

2. Finance & Accounting

Akuntansi dan keuangan tentunya tak bisa dipisahkan dari bisnis, bukan? Nah, jika memilih di kategori ini, teman-teman bisa mulai belajar seputar cara mengatur keuangan, investasi dan trading, serta alat atau cara yang bisa dipakai dalam melakukan manajemen keuangan dengan baik.

3. Human Resource

Pada platform belajar online di kategori sumber daya manusia. QuBisa memiliki banyak kursus microlearning yang berhubungan dengan HR Management, HR Transformation, pengembangan organisasi, serta seleksi dan rekrutmen karyawan. Lengkap ya!

4. IT & Software

Di era bisnis 4.0, kemampuan IT  atau teknologi dan perangkat lunak tentunya sangat dibutuhkan. Nah, untuk teman-teman yang tertarik mempelajarinya sambil mengisi waktu selama pandemi yang lebih banyak work from home-nya, ada 2 sub kategori yang bisa dipilih. Ada semua tentang IT dan software, serta sistem operasi.

5. Kursus Tentang IT Development

Jika kamu ingin memiliki keahlian di IT seperti machine learning, mobile development, bahasa pemrograman, dan juga web developer, maka sangat cocok untuk mencoba platform kursus secara online ini secepatnya agar kemampuan di bidang tersebut bisa terus bertambah setiap waktu.

6. Lifestyle & Health

Pada kategori kursus gratis yang bisa teman-teman coba dari mana saja, dan kapan saja karena aksesnya secara online, ada beberapa sub kategori yang menarik. Apa saja? Ada beauty dan makeup, food beverage, gaming, kesehatan umum, musik, olahraga, sampai travel lho.

7. Personal Development

Aku belajar tentang manajemen stress berasal dari kategori personal development ini yang akhirnya memiliki banyak sub kategori belajar online tanpa biayanya atau gratis. Dari mulai pengembangan karir, kreativitas, kepemimpinan, motivasi, personal brand building, psikologi, dan manajemen stress, ada semua di sini.

8. Sales & Marketing

Pada bagian sales dan marketing, teman-teman bisa mencoba belajar mengenai digital marketing, product marketing, dan social media marketing yang sangat diperlukan dalam menunjang bisnis kita nih.

9. Teaching & Academics

Kategori yang terakhir tidak kalah menariknya, karena ada kursus atau webinar gratis dengan instruktur Indonesia yang bisa dicoba untuk dipelajari seputar tema geografi, sejarah, dan juga bahasa.

Pengalaman Mengikuti Kursus di QuBisa

Menurutku kursus tanpa biaya alias gratis secara online di QuBisa ini mudah untuk diakses. Teman-teman hanya perlu menyediakan perangkat digital berupa laptop, komputer, tablet, ataupun smartphone. Bisa yang mana saja.

Cara untuk ikutan kursus online gratis ini bagaimana? Pertama-tama teman-teman akses situsnya QuBisa. Kemudian lanjutkan dengan tmemilih kategori yang tersedia dan sesuai kata hati. Setelah menekan cari, nanti akan ditampilkan video yang ada pada kategori tersebut. Microlearning, kursus, webinar, paket kursus, kurus keterampilan.

Ini adlah kurus online gratis yang bisa dicoba di qubisa
Contoh kursus online gratis

Tak sengaja melihat judul webinar gratis asli Indonesia ini, lalu tekan tombol daftar sekarang, maka aku semakin penasaran. Untuk mengaksesnya teman-teman. Pilih mendaftar jika belum mempunyai akun untuk login. Jika sudah, langsung masukkan saja alamat email dan password yang sesuai.

Setelahnya halaman kursus yang diinginkan akan terbuka, dan menampilkan jumlah modul yang tersedia pada kursus tersebut. Nanti, ketika sudah selesai, teman-teman bisa memberikan rating untuk instrukturnya.

Tuh kan, mudah banget menggunakan platform belajar online Indonesia ini untuk bisa  dan mengembangkan skill sesuai perkembangan, zaman? Yuk buruan dicoba!

Keunggulan QuBisa Platform Kursus secara Online dan Gratis

Meskipun ada banyak platform kursus online yang bisa dipilih jika dicari di internet, namun saya lebih memilih QuBisa. Karena selain termasuk lengkap, ada banyak keuntungan atau benefit seperti berikut ini!

  1. Materi dan pilihan kursusnya banyak serta lengkap dan aksesnya seumur hidup.
  2. Instrukturnya berpengalaman
  3. Kursus online bersertifikat.
  4. Bisa konsultasi karir.
  5. Ada road map karir melalui webinar yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.
  6. Selain kursus gratis yang bisa diakses secara online, pada kursus atau webinar berbayarnya pun memiliki pilihan harga yang terjangkau.
  7. Mudah diakses dari komputer maupun ponsel pintar.

Jadwal Webinar QuBisa Maret 2021

Di aplikasi belajar jarak jauh melalui sambungan internet atau online ini tak hanya melalui microlearning saja. Teman-teman juga bisa memilih webinar gratis yang bisa diakses oleh seluruh warganet Indonesia. Selain melalui kategori, untuk mengikuti webinar bisa langsung menggunakan tab menu webinar.

webinar Indonesia di kursus online gratis qubisa

  1. Mastering Marketing : Brand Value, Senin, 01 Maret 2021 Jam 16.00 WIB
  2. Time Management Using Mind Map, Selasa, 02 Maret 2021 Jam 16.00 WIB
  3. Pesona Generasi Millenial dan Ekspektasinya, Rabu, 03 Maret 2021 Jam 19.30 WIB
  4. Toxic Trilogy Part 1 : (Body Shaming/Bullied), Kamis, 04 Maret 2021 Jam 19.30 WIB
  5. Bucin – Budak Cinta (Tulus atau Bego?), Jumat, 05 Maret 2021 Jam 19.30 WIB
  6. Aspek Pajak yang Memberatkan Pengusaha Grosir, Sabtu, 06 Maret 2021 Jam 10.00 WIB
  7. Cara Sukses Presentasi dan Meeting dengan Mind Map, Selasa, 09 Maret 2021, Jam 16.00 WIB
  8. The Art of Financial Success, Selasa, 16 Maret 2021, Jam 16.00 WIB
  9. Red Flags (Stop atau Lanjutin), Jumat, 19 Maret 2021, Jam 19.30 WIB
  10. Toxic Trilogy Part 2 : Moms Shaming, Selasa, 23 Maret 2021 Jam 16.00 WIB
  11. Final Trilogy – Toxic Relationships, Jumat, 26 Maret 2021, Jam 19.30 WIB

Nah, ada sekitar 11 webinar dengan instruktur asli dari Indonesia di QuBisa yang bisa diikuti selama bulan Maret 2021. Cocok untuk teman-teman yang sedang merencanakan karir dan pengembangan diri yang penting sekali untuk masa depan. Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi yang cepat.

Pembahasan dalam webinarnya pun lengkap lho teman-teman. maka dari itu, jangan sampai terlewatkan ya!

18 thoughts on “Belajar Manajemen Stress dari Kursus Online Gratis

  1. Didik Balas

    Aku baru tahu stres juga perlu diatur ya kak. Jangan sampai stres malah memicu badan kita sakit dan kita tidak bisa bekerja. Wah malah bahaya sekali tuh.

    Qubisa keren banget ya. Udh ngasih banyak ilmu dan banyak yang gratis lagi. Ilmunya juga keren2. Webinar selama bulan Maret juga ngga kalah seru. Ntar mau coba lihat ah platformnya.

  2. Fionaz Isza Balas

    Belajar lewat aplikasi Qubisa ini enak ya kak, soalnya bisa menyesuaikan dengan passion kita trus belajarnya cukup lewat aplikasi aja

  3. Kiky Balas

    Selasa 16 Maret bakal ada kursus tentang the arts of financial success ya? Mantap soul mesti dikalender-in niii. Penting banget aware supaya bisa menjadi lebih baik dan sejahtera. Thx 4 sharing keep on blogging mba Gie <3.

  4. Sari Balas

    Karena seringnya berkutat di rumah, perlu nih untuk mengetahui manajemen stress. Untuk kursus gratisnya berlaku selamanya atau ada periode tertentu? Mau deh nyobain apalagi bisa diakses lewat aplikasi maupun web

  5. Bambang Irwanto Balas

    Sama, Mbak. Awalnya saya kira kursus online hanya seputar hal yang menanbah skil saja. Contohnya saya kemarin ikut juga kursus online seputar bisnis kopi di Qubisa. Ternyata soal strees, termasuk soal karma juga ada kursusn onlinenya.
    Kalau saya, paling menuangkan lewat tulisan, terus refreshing melakukan hal-hal yang saya sukai, termasuk ngebolang ke wisata alam.

  6. Samleinad Balas

    Qubisa ini saya lihat banyak menyediakan pelatihan, nggal hanya mengupgrade skill tapi juga bisa mengembangkan personalitas kita ya. Jadi tertarik mau ikutan juga nih

  7. Siti Mustiani Balas

    Hemm manajemen stress yaa, menarik yaa agar kita bisa menjalankan kegiatan kita sehari-hari lebih bahagiaaa, saya setuju dengan point “Melakukan Kegiatan yang Disukai” kalau saya memilih traveling alias jalan-jalan baik dekat atau pun jauh. Belajar sesuatu yang baru juga menarik untuk menghilangkan stress jadi bisa fokus ke hobi yang disukai.

  8. Santi suhermina Balas

    Wah ada 11 webinar tuh lumayan juga ya buat upgrade diri ya. Yang penting klo dah ikut webinar jangan lupa prakteknya nih. Aku suka gitu soale 🙈🙈🙈

  9. Hani Balas

    Kadang memang ya, kita tuh engga nyadar kalau sedang setres. Semua orang pengen dilabrak aja kayaknya deh. Padahal kita sendiri yang sedang ada masalah…
    Aku juga lagi kepoin Qubisa nih. Udah ikut webinar ttg pengembangan karier. Nyari yg lain ah…

  10. Hendra Suhendra Balas

    Turut berduka ya buat temannya yang sudah berpulang ke Rahmatulloh.

    Kalau semua beban menumpuk menjadi satu, ya pasti akan terasa sangat berat, bahkan berujung stress.

    Eit ternyata ada kursus juga ya buat manajemen stress ini. Jadi tertarik nih buat nyobain belajar di QuBisa. Kalau disuruh pilih, poin nomor 4 paling enak (tidak melakukan apa-apa seharian), wkwkwkwk..

  11. Marita Ningtyas Balas

    Qubisa memang punya banyak materi menarik untuk dipelajari ya. Rasanya kalau udah masuk ke situsnya, pengen belajar banyak hal. Habis bingung mau milih yang mana, semuanya menarik dan penting.

  12. nita juwithafina Balas

    Waoooo lengkap juga ya yah… udah gitu harganya masi lom tinggi2 banget ya ini. Marilah kalau gitu benkunjung ke webnya. Harusnya ada yang nyantol lagi mau nambah2 ilmu aku 🙂

  13. Euisry Noor (isrinur.com) Balas

    Semoga segera teratasi stresnya ya… Aku juga sering merasa stres. Menarik juga pengen belajar manajemen stres dari ahlinya. Di QuBisa ada materinya ya… Asyik!
    Emang banyak banget ya topik kursus online di sana. Jadi pengen belajar ttg banyak hal dari sana.

  14. Qoty Intan Zulnida Balas

    Banyak banget nih tema webinar gratis yang akan datang itu merupakan tema yang aku suka dan butuh… Semoga semua jadwal cocok dan bisa mengikuti sesuai tema dan skill yang ku butuhkan. Qubisa nih salah satu rujukan platform kelas online terpercaya yaaa kak

  15. Marfa Balas

    Menarik juga Qubisa ini, pilihannya banyak banget sampai bingung mau pilih yang mana aja XD

    Bener juga di saat seperti ini harus pandai2 manajemen stres, jgn dipaksa terus dan pikiran perlu dilatih biar bisa tenang. Aku jg suka journaling buat mencatat apa saja yg dipikiran terutama yg bikin sesak, jd rasanya meletakkan hal2 yg bikin kepala penuh

  16. Jasmi Bakri Balas

    Manajemen stres ini banyak yang nggak bisa menguasai. Makanya nggak heran kalau banyak aja orang yang depresi karena nggak tau cara mengatasinya. Syukur ya di QuBisa ada kursus semacam ini, jadi kita bisa dapat insight bagaimana cara mengelola stres biar nggak makin menjadi-jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *