Pilihan Minuman Berserat dan Cara Membuatnya

Selain karbohidrat, protein, vitamin, zat besi, lemak, dan mineral, tubuh kita pun memerlukan asupan serat yang cukup setiap harinya. Untuk orang dewasa kebutuhan seratnya terbagi dua. antara pria dan wanita. Untuk wanita berada di angka 25 gram sehari, sementara pria 38 gram dalam satu hari.

Itu orang dewasa, untuk anak-anak, kebutuhan serat minimalnya berbeda lagi lho. Anak usia 11 bulan membutuhkan asupan serat sebanyak 10 gram sehari. Sementara untuk anak berusia 1-3 tahun membutuhkan serat sebanyak 16 gram, dan anak usia 4-6 tahun butuh 22 gram serat dalam sehari

Kenapa Tubuh Memerlukan Serat?

Serat merupakan komponen karbohidrat kompleks yang memiliki sifat larut dalam air dan juga tidak larut dalam air. Kedua sifat dari serat tersebut dibutuhkan oleh sistem pencernaan untuk mengeluarkan feses dari dalam tubuh. Selain itu, serat pun bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Serat juga bisa membantu menurunkan berat badan, mencegah kolesterol jahat, mencegah terkena penyakit jantung, serta penyakit diabetes.

Umumnya kedua sifat serat tersebut ada pada bahan makanan dari beberapa jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan. Dan yang akan saya ulas kali ini adalah serat yang dari buah-buahan dan sayuran yang bisa dibuat menjadi minuman berserat.

Daftar Minuman Berserat

Pilihan Minuman Berserat dan Cara Pembuatannya

Sebenarnya ada banyak pilihan minuman berserat yang bisa kamu konsumsi setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Namun, untuk ulasan kali ini, aku hanya akan membahas 4 jenis minuman saja. Baik itu yang hanya terdiri dari satu bahan, ataupun yang di-mix.

  1. Jus Apel

    Menurut informasi yang kubaca, dalam satu apel itu mengandung 2,6 gram serat. Selain itu, serat yang terkandung dalam apel pun terbagi menjadi serat larut dan tidak larut dalam air. Kedua sifat serat tersebut tentunya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan maupun melancarkan buang air besar.

    Cara untuk membuat jus apel tentunya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyediakan blender, pisau, gelas untuk menyajikan. Sebelum memasukkan potongan apel berkulit (iya, kulit apel sebaiknya tidak dikupas, karena kandungan vitamin C nya sangat besar lho), pastikan mencuci kemudian memotongnya terlebih dahulu.

    Jus Apel Minuman Berserat yang Baik untuk Kesehatan
    Lalu setelahnya masukkan potongan apel ke dalam blender, blender hingga halus. Kamu pun bisa menikmatinya. Jika ingin lebih segar dan enak bisa ditambahkan es batu atau madu.

  2. Air Lemon

    Sudah menjadi rahasia umum jika air lemon bisa membantu untuk menjaga berat badan. Namun, selain itu, ternyata lemon pun kaya akan vitamin C dan juga serat. Jadi, saat kamu minum air lemon , hal tersebut bisa membantu untuk mengatasi sembelit, serta mencegah dehidrasi.

    Untuk membuat air lemon sangatlah mudah untuk dilakukan, cukup campurkan perasan buah lemon ke dalam segelas air hangat. Jika ingin lebih enak atau rasa asamnya tidak terlalu terasa, kamu bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya. Air lemon bagus banget lho kalau diminum di pagi hari ataupun sebelum tidur.

  3. Jus Buah Naga

    Buah naga mengandung 7 gram serat dalam satu kali penyajian. Selain itu, buah naga pun kaya akan air, vitamin c, bisa membantu menjaga kesehatan jantung, melawan diabetes, dan juga mencegah timbulnya jerawat.

    Jus Apel Minuman Berserat yang Baik untuk Kesehatan

    Cara membuat jus buah naga pun mudah, pisahkan buah naga dari cangkangnya, kemudian potong menjadi beberapa bagian, masukkan ke dalam blender, tambahkan yogurt atau susu, kemudian air, es batu dan blender. Jadi deh.

  4. Jus Semangka

    Jika kamu tidak menyukai minuman berserat yang sebelumnya, maka kamu bisa mencoba jus semangka. Sebab, selain kaya air, semangka juga kaya akan serat yang tentunya bisa menjaga kesehatan dari sistem pencernaan, semangka juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit dan organ reproduksi.

    Cara membuat jus semangka sangatlah mudah. Kuapas cangkang atau kulitnya, pisahkan bijinya, potong-potong, masukkan ke dalam blender. Kamu pun bisa menambahkan yogurt, madu, ataupun susu low fat untuk menambah rasa.

Bahaya Jika Tubuh Kekurangan dan Kelebihan Serat

Jika tubuh kekurangan serat, maka sudah jelas bahayanya adalah, kamu bisa mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, mudah lapar sehingga membutuhkan lebih banyak asupan makanan, dan jika makanan yang kamu pilih mengandung banyak gula, tentunya itu bisa saja memicu timbulnya gejala diabetes.

Jadi, pastikan kebutuhan serat harianmu terpenuhi ya. Juga minumlah air putih sesuai kebutuhan tubuhmu dan berolahraga agar imun tubuh terjaga. Namun, walaupun tubuh membutuhkan serat, jangan juga terlalu banyak mengonsumsinya. Sebab, jika kamu kelebihan serat, perut akan terasa kembung, bisa susah buang air besar, dehidrasi, kram perut, hingga asam lambung naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *