Tanda-tanda Kamu Terkena Dehidrasi

Dehidrasi ialah satu kondisi di mana badan alami kekurangan cairan dan membutuhkan pengatasan yang cepat dan pas. Disaksikan dari sinyal dehidrasi, keadaan kekurangan cairan ini bisa dipisah jadi beberapa kelompok, yakni dehidrasi enteng, dehidrasi sedang dan dehidrasi berat.

Pada masalah dehidrasi berat, jika tidak diatasi dengan selekasnya, dapat mengakibatkan kematian.

Beberapa pemicu dehidrasi yang cukup kerap berlangsung diantaranya:

Kadang, pertanda dehidrasi kerap tidak dikenal. Agar bisa menangani dehidrasi secara cepat, tentu saja kamu perlu mengenali beberapa sinyal dehidrasi lebih dulu.

Di bawah ini ialah pertanda dehidrasi yang penting kamu cermati :

1. Tubuh lemas

Satu dari sinyal dehidrasi yang bisa dengan gampang dijumpai ialah tubuh jadi berasa lemas. Jika badan berasa makin lemas dan malas untuk minum air mineral, Anda harus siaga. Karena di saat itu dehidrasi pada tubuh Anda akan makin lebih buruk.

2. Kesadaran turun

Sesudah tubuh jadi makin lemas, yang akan berlangsung selanjutnya ialah pengurangan kesadaran. Bermula dari tanggapan yang makin sedikit, makin lama jika dehidrasi tidak ditangani dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran.

Ini muncul karena otak tidak memperoleh supply darah yang cukup. Walau sebenarnya, badan kamu membutuhkan air selaku transportasi untuk bawa darah ke semua badan.

3. Mata Cengkung

Sinyal dehidrasi yang lain yang gampang untuk Anda dapatkan ialah mata jadi cengkung. Bila sisi bawah kelopak mata Anda jadi makin besar dan mata nampak sayu, berarti keadaan Anda sudah masuk kelompok dehidrasi sedang dan bisa mempunyai potensi ke arah dehidrasi berat.

4. Bibir jadi kering

Sama misalnya dengan mata sebagai cengkung, sinyal dehidrasi yang lain ialah bibir jadi kering. Kecuali bibir yang jadi kering, mukosa mulut (rongga mulut) juga akan jadi kering.

5. Tangan dan kaki jadi dingin

Sebab tidak memperoleh distribusi darah dan cairan yang cukup, karena itu organ-organ pada tubuh Anda akan diprioritaskan dalam distribusi darah. Akhirnya, supply darah ke sisi perifer seperti ujung jemari kaki dan tangan akan dipertaruhkan. Sebab fakta ini, sisi ujung jemari tangan atau kaki menjadi dingin.

6. Jantung berdebar-debar

Saat dehidrasi, untuk penuhi keperluan supply darah ke semua organ badan, karena itu jantung Anda akan bekerja lebih tambahan untuk memompa darah. Supaya organ masih memperoleh supply darah yang cukup, jantung akan berdetak bisa lebih cepat. Pada kondisi ini pasien bisa rasakan jantungnya jadi berdebar melewati keadaan normal.

7. Menyusutnya jumlah urine

Umumnya, bila jumlah air yang masuk di badan kebanyakan, maka dikeluarkan sejumlah besar lewat urine. Tetapi pada kondisi dehidrasi, badan yang kekurangan cairan akan usaha menjaga cairan yang masih ada dengan menahan pengeluaran cairan.

Oleh karenanya, saat seorang alami dehidrasi, jumlah urine akan menyusut atau bahkan juga dapat tidak buang air kecil sama sekalipun.

Dengan mengenal ke-7 sinyal dehidrasi di atas, Anda bisa selamatkan diri dari keadaan dehidrasi kronis yang mematikan. Bahkan juga, sekarang Anda dapat mempunyai potensi untuk selamatkan nyawa seseorang. Yok, penuhi keperluan air mineral sekitar dua liter dalam satu hari supaya terlepas dari dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *